Euforia [Tradisi] Menyambut Hari Raya

by - 12:57:00 AM

Assalamualaikum wr.wb..


Tidak terasa Bulan Ramadhan nan penuh berkah akan berakhir. Udah 22 Hari aja sekarang..huhuhuhuhu :'( sediih..tahun ini puasa enggak penuh karena kodratnya sebagai wanita, setelah ramadhan tahun lalu happy karena puasa full satu bulan enggak ada yang bolong :D :D

Hari senin begini,,di akhir ramadhan mendekati masa-masa liburan hari raya..pikiran udah sedikit enggak fokus ama kerjaan..hahahha :D Pikiran udah kepinginnya langsung pulang ke rumah tercinta,,ikut membantu emak beres-beres rumah. Belum lagi kepikiran baju baru..hahaha,,walaupun ini kebiasan masa kecil..tetapi uforia menyambut lebaran itu tetap tidak bisa di hilangkan. Nah..di tambah kerjaan yang super buanyaaaak membuat sedikit kelinyengan apalagi ini puasa..hahaha:D :D 

Okee,,,aku mau sedikit cerita tentang tradisi menyambut hari raya di kota ku tepatnya di Kota Tapaktuan, Kab.Aceh Selatan..lebih tepatnya di rumahku kali yaa.....

1. Persiapan Baju Baru

Point pertama aku buka dengan persiapan baju baru...hahaha..sebenarnya ini hanya berupa kebiasaan aja..tidah harus dan tidak wajib. Tetapi dari kecil aku itu biasanya di belikan baju baru yang jumlahnya tidak hanya satu atau dua. eeitttsss..aku bukan bukan berasal dari keluarga berada dengan punya uang banyak lo...Alhamdulillah..bukan hanya dari ibu ku saja..tante ku, om dan keluarga lain suka bagi rezeki buat aku..jadi baju baru aku itu pasti lebih dari dua. Bukan sombong..hahaha, Belum lagi dari nenekku..aku dekat sama nenek jadi kalau moment lebaran tiba nenek akuenggak bakal ketinggalan ngasih baju baru.. Miss u nenek :* :*

Nah..masa kecil dulu, aku dan teman-teman suka bincang-bincang tentang baju baru. "Kamu udah punya baju berapa? celananya berapa?.."aku udah punya segini lo..aku punya ini, warnanya ini..wah..bincang-bincang anak kecil tanpa dosa yang belum tahu pahitnya kehidupan ini dan belum tahu rasanya jatuh cinta ...eehhh :D

2. Bersih-bersih Rumah

Nah..kalo yang ini kerjaannya panjang...di mulai dari awal ramdhan sampai malam takbiran di pastikan belum kelar :D. Dimulai dari gorden lama di cuci kemudian di ganti baru tidak harus baru, gorden lain yang bakal dipakai khusus hari lebaran, membersihkan sekitaran rumah, belum lagi bapak-bapak yang mulai rempong mengecat rumah biar nanti rumah jadi cetar membahana di hari lebaran. Hahaha..Di jamin rumah akan di dandani secantik mungkin. Dan pagi hari lebaran kamu bakal menemukan dandanan yang berbeda khususnya di ruang tamu. Aku tidak tahu apakah di daerah lain juga begini.


3. Hidangan khas lebaran 

Ini nih yang buat lebaran itu spesial. Di pastikan banyak hidangan yang menggugah selera dan bikin diet gagal. Para emak-emak bakal rempong di mulai dari pertengahan bulan ramadhan.  Belum lagi menu kue-kue kering. Nastar, Bola-bola cokelat, dan segala macam kue kering lainnya dan juga kue-kue tradisional seperti kue sepit, kue bawang, kue salju dan lain-lain. Aku lupa nama-nama kue itu apa aja..hahaha :D :D Menu andalan Lontong dan teman-temannya, rendang, ketupat ketan dan ubi, tape ketan, Es Buah dan berbagai macam minuman segar lainnya.

You May Also Like

0 komentar