[GILS 2018] DAY 1 - MEGA CONFERENCE

by - 9:00:00 AM

Assalamualaikum wr.wb
hai chingu..selamat pagi..apa kabar kalian semua? semoga baik saja ya...hmmmm..janji untuk menyelesaikan postingan kegiatan yang aku ikuti di Malang juli lalu akhirnya terbengkalai..huh..ada aja kerjaan yang buat jadwal nulis jadi berantakan..sok sibuk yeee :D

Perjalanan aku dari Aceh menuju Malang itu lumayan panjang. Seperti biasa aku ambil maskapai di Kuala Namu International Airport ya karena lebih dekat aja dari Kota Subulussalam. Aku ambil tiket udah mepet pake sangat. Persis satu hari sebelum keberangkatan. Pasti tiketnya ngelonjak donk ya :( Kok bisa gitu? karena aku sempat ragu untuk ikut kegiatan ini, setelah aku pikir-pikir untuk menjadi salah satu delegasi GILS 2018 itu enggak mudah, dan harus melewati beberapa seleksi plus lagi aku udah bayar biaya kegiatan ini, finally aku putuskan beli tiket di H-1.

Aku sengaja ambil tiket Medan - Surabaya dengan flight Malam menggunakan maskapai LION Air, yaa gitu deh pake delay lagi..haahhaa. Aku tiba di Surabaya sekitar pukul 23.00 WIB. Niatnya aku bakal ke Malang agak tengah malam dan langsung menuju Hotel Grand Palace tempat pelaksanaan Mega Conference dan kegiatan hari pertama, eh ternyata si mobil travel yang aku udah booking sebelumnya via whatsapp ontime bingit, jam 23.00 WIB itu aku udah ditungguin, jadinya ku langsung cuss berangkat ke Malang. Dan aku sempat panik donk yaaa..nanti sampai di Malang itu sekitar pukul 01.00 dini hari,,aku bakal kemana. Huhuhu..ceki-ceki di Traveloka buat nyari tempat buat tidur. Tidak banyak penginapan yang terima pemesanan di jam segitu, finally nemu lah itu hostel Mador yang tarifnya cuma 80.000 an permalam..aku langsung klik pesan dan menyelesaikan pembayaran dengan kartu kredit.

Kejadian lucunya adalah pas tiba di Malang si sopir bingung nyariin di hostel, walaupun itu persis pinggir jalan tapi karena tengah malam enggak terlalu keliatan, bangunannya berada di tengah-tengah dan itu bentuknya hanya Ruko doang..beruntung ada penumpang baik hati mau bantuin nyariin dengan google map. Aku langsung turun dan alhamdulillah lagi ada salah satu tamu yang juga menginap di hostel mador mau masuk. Aku langsung diterima oleh resepsionis dan menyelesaikan semua prosedur, nanti aku bakal tulis di postingan tersendiri tentang hostel ini.

Setelah tidur beberapa jam, begitu bangun subuh aku langsung shalat subuh dan beres-beres terus sarapan, jam delapan gitu aku langsung mesan grab untuk ke lokasi. Menurut resepsionis di hostel kalau mau jalan kaki sebenarnya bisa aja cuma karena aku mikir bawa koper dll aku mesan grabcar dengan tarif 15 ribuan. Sesampainya di grand palace hotel aku langsung menjumpai panitia dan melakukan pendaftaran. Pagi itu udah rame delegasi-delegasi yang berdatangan. Acara mega conference ini di adakan di Aula lantai 3. Dasarnya jam Indonesia ya pasti ngaret, Hahahha..acara di mulai sekitar jam setengah 10 pagi.

My ID Card

Acara di buka dengan persembahan tarian tradisional dari Malang, di bawakan oleh dua cewek kece yang meliuk-liuk indah, memang budaya Indonesia super ragam ya..banggaaaaa..

Mega Conference ini di adakan dengan bertemakan: "Pemuda 2030: Bersinergi Dalam Ruang Kolaborasi yang Masif dan Inklusif".

Mega conference ini akan menghadirkan beberapa speakers, yaitu:

1. Indriana Nugraheni (Manager Pilar Pembangunan Tenaga Hukum dan Tata Kelola SDGs, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia)

2. Jackie Yap (Founder dan CEO HiGi Energy Malaysia)

3. Rahyang Nusantara (Network Coordinator SDSN Youth Indonesia)

4. Lucky Perdana (Public figure)

Acara mega conference di buka oleh kakang dan nimas Kota Batu. Mereka cakep bingit pastinya..acara jadi tambah renyah.

Sebelum para speakers tampil acara di buka oleh laporan dari kakak Project Leader Dita Ikha, beliau menyampaikan bahwasannya GILS ini merupakan acara andalan dari Inovator Nusantara. GILS tahun ini di ikuti oleh 180 an delegasi dari berbagai daerah di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa untuk 3 hari kedepan acara kan di pusatkan di Malang dan Kota Batu.

Setelah kak Dita Ikha memberikan kata sambutan dan laporan kegiatan acara di lanjutkan dengan sesi materi dari para speakers. Untuk speakers pertama oleh Rahyang Nusantara, lalu Lucky Perdana, Jackie Yap dan Terakhir perwakilan dari Pilar Pembangunan Tenaga Hukum dan Tata Kelola SDGs, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia.

Lucky Perdana

Rahyang Nusantara

Jackie Yap

Perwakilan dari Pilar Pembangunan Tenaga Hukum dan Tata Kelola SDGs, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia

Finally acara di tutup dengan penyerahan cendera kepada para speakers, setelah itu sei paling di tunggu-tunggu adalah poto-poto...chhhhhheeerrsss..

Finally kegiatan pertama hari ini selesai. Dilanjutkan dengan Shalat dan makan siang..nah tunggu post selanjutnya ya untuk kegiatan hari pertama.