INDAHNYA BROMO - TRIP GUNUNG BROMO

by - 9:28:00 PM

Assalamualaikum wr wb

Nah...cerita tentang sebuah perjalanan pas aku ikutan kegiatan GILS 2018 pastinya banyak hal yang bisa aku uraikan di blog ini, seperti perjalanan ke Bormo. Kalau boleh bercerita trip ke Bromo ini sebenarnya super tanpa persiapan. Kenapa? karena memang ini direncanaan persis satu hari sebelum kita semua ke Bromo.

Tanggal 24 Juli 2018 hari selasa kita itu berenam maen ke Pasar Oleh-Oleh yaitu sebuah pusat oleh-oleh/souvenir di Malang. Ada Aku, Baim, fitri, kisya, Kevin dan temannya kevin, aku lupa namanya :D

Baim, Aku, Kisya, Fitri, Kevin dan Teman satu lagi

Nah..pas pulangnya di jalanan kita nemu banner Trip ke Bromo dengan harga Rp 350.000. Langsung deh kita heboh secara aku dan baim sebelumnya udah cerita kalau ada waktu dan kesempatan akan main ke Bromo. Nah..si baim dan fitri ternyata pengin ke Bromo kalo ada temannya. Aku galau donk yaa..secara aku udah beli tiket pulang untuk tanggal 25 Juli 2018 yang itu besok..hahahha.
Sibuk dan super rempong deng aku. Apalagi mereka juga ngomporin aku buat ikutan dan lain-lain. Sebaliknya dirumah tempat kita menginap #kitamenginapdisatutempat, kita langsung heboh lagi, ternyata 3 orang teman lainnya ada juga yang pengin main ke Bromo. Haduuuuhhhh pusing deng aku. Setelah aku telp emak tercinta dan nyampein keinginanku segala macam, emakku bilang kalau memang ada uang, dan tiket bisa di atur pergi aja, kapan lagi. Nah..ini yang aku senangnya, emakku itu orangnya nyenangin banget. Finally aku langsung telp call center dan reschedule tiket untuk esok harinya. Jadi deh ke Bromo Haha

Trip ke Bromo ini totalnya kita berenam. dengan biaya Rp 250.000,- udah include segalanya, dari transportasi, makanan dan tour Bromo. Titip ngumpul di Alun-Alun Malang jam 01.00 dini hari. Karena dari Rumahnya umi ke Alun-alun itu dekat banget kita kesananya sekitar jam 12.00 malam. Hahhaha Kebayang gk sih kita tengah malam nangkring di Alun-Alun Malang. Tapi disini sumpah keren abis enggak ada kerasa horor-horornya gitu, malah masih ramai orang pada nongkrong.

Jam 01.00 an kita di jemput oleh si abang dengan mobil jeep. Setelah menyelesaikan pembayaran kita langsung naik jeep dan sekitar jam 01.30 dini hari kita mulai perjalanan. Let's Go...

-----------------------------------------------------------------------------------------

Nah....sebelum aku mulai cerita banyak, Bromo itu apa sih?

Gunung Bromo
Kompleks pegunungan di Kaldera Tengger saat matahari terbit. Gunung Bromo adalah kedua dari kiri, kawah lebar, berasap
Titik tertinggi
Jenis gunungStratovolcano (aktif)
Letusan terakhir2015-sekarang

Gunung Bromo.
Gunung Bromo (dari bahasa SanskertaBrahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa TimurIndonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten ProbolinggoKabupaten PasuruanKabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di Jawa TimurIndonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten PasuruanKabupaten MalangKabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sebelum sampai di lokasi pertama, kita berhenti di salah satu post kayaknya sekitar 15 menitan, disini kami beli sarung tangan dan lain-lain. Sumpah trip ini benar-benar tanpa persiapan, untuk Jacket sendiri Aku, Baim dan fitri minjam punyanya Mas Bintang dan Mbak ale. dua relawan kece dari Turun Tangan Malang. Baik bangeeet merekaaa...love u :*

Karena kita itu pada ngantuk jadinya selama perjalanan aku dan fitri lebih tepatnya tidur lumayan pulas engan posisi duduk di depan samping abang supir. Sesekali aku kebangun dan sempat liat sekitaran jalanan yang kita lalui. Karena malam jadinya agak-agak enggak paham gitu, tapi pas udah sampai di kawasan Bromo itu bulan lagi cerah banget, aku ingat suasana jadi cantik banget...huhuhu,,sayang hape ku lagi bermasalah jadinya aku enggak bisa poto.

Finally kita sampai di tujuan pertama. Tepat sekitar jam 03.00 dini hari kita sampai di kawasan penanjakan bromo. Kawasan ini merupakan spot untuk melihat sunrise yang konon katanya sunsire disini super Indah. Wajib di datangin kalau kita main di Jawa Timur.

1. Puncak Penanjakan Berburu Sunrise

Tempat pertama ini adalah sebuah penanjakan yang telah di modif untuk para pemburu sunrise. Jeep yang kita tumpangi akan berhenti di sekitaran jalanan dengan banyak warung-warung kecil di pinggirnya. Kita berhenti di kios dulu sekitar 1 jam untuk menghangatkan badan dan mesan minuman panas, ibu yang punya warung akan menyediakan perapian untuk kita bisa menghangatkan tubuh. Sumpah ini super dingin ..yang dimana suhu bisa sampai 3 derajar celcius, pas kita kesana embun pagi malah sampai beku.

Nah sekitar pukul 04.00 WIB kita di suruh naik ama si abang guide, katanya biar dapat tempat. Ya elah...kita secara enggak tau apa-apa langsung aja gitu naik ke atas dan memang orang udah rame. Tapi jati-hati lo disini banyak para lokal yang nawarin untuk naik ke penanjakan yang lebih jauh, mereka menawarkan jasa ojek dengan biaya yang lumayan, konon katanya karena kita orang luar suka di mainin dengan harga, setelah berembuk kita mutusin cuma naik ke penanjakan terdekat. Penanjakan ini memiliki tangga yang lumayan banyak :D daaan ternyata sampai di atas orang udah milih spotnya masing-masing.

Kita milih di pinggiran dekat pagar, karena memang itu udah beku banget, dinginnya sama kaya pas Di Korea winter 2017 lalu..huhuhuhu...disini juga banyak ibu-ibu yang nawarin untuk penyewaan tikar,,karena kita memang enggak punya tikar jadinya kita nyewa satu tikar dengan harga Rp 20.000an. Nungguin sunrise ternyata enggk mudah teman..butuh perjuangan menahan dinginnya cuaca pagi itu..dengan kantuk yang udah enggak ketahan kita langsung duduk dengan posisi saling deketan, aku dan fitri langsung tidur-tidur ayam gitu, mana lagi orang-orang pada ribut.

Finally sunsire muncul pelan-pelan dari sudut langit yang membentang luas, si cantik dengan cahaya indahnya itu mulai memancarkan sinarnya..Kita pun bergegas pindah posisi..dengan masih terhoyong dan menggigil..Masya Allah..sungguh Indah ciptaan MU..semua perjuangan menunggu ini enggak sia-sia.

Bromo Squad dadakan

Setelah puas poto-poto dengan segala gaya andalan dan muka lecek, lusuh kumal dan lain-lain kita memutuskan turun dan enggak lupa poto di setiap sudut penanjakan ini. Sumpah ini indah banget.

Salam buat Turun Tangan Subulussalam

Tangga naik ke Penanjakan

2. Padang Savana

Tempat atau lokasi kedua yang kita datangi adalah Padang savana, padang ini berada di area luas sekitaran Kawasan Gunung Bromo. Tempat bagus banget apalagi dengan matahari pagi yang super cerah hari ini. Disini kita berpoto juga dengan jeep biar kece gitu :D oh ya pagi itu embut nya jadi es yang super unyu-unyu, katanya memang cuaca sedang ekstrim.

3. Kawah Bromo dan Berkuda

Nah untuk paket trip Bromo ini kita juga udah dapat trip untuk mendaki gunung bromo dan melihat kawah, karena kita semua pada enggak mau berkuda atau pun naik ke Bromo jadinya kita hanya lewat doank, tapi aku bakal tunjukkan poto dari blog lainnya.

4. Pasir Berbisik

Nah...karena kita enggak mampir di Kawah kita lanjut ke lokasi berikutnya. Tempat ini pasti enggak asik buat para penikmat film yang di bintangi Dian Sastro dengan lokasi di Pasir Bebisik. Pasir berbisik adalah satu lokasi yang berada di lautan pasir bromo, awal mula dari pasir berbisik ini adalah tempat di mana lautan pasir yang memiliki suara desiran angin yang khas saat ada terpaan angin. Dari sinilah masyarakan sekitar atau wisatawan menyebut tempat ini dengan pasir berbisik.

5. Bukit Teletubies
Dan tempat atau lokasi terakhir dari paket tour ini adalah Bukit Teletubies. Berlokasi di selatan Gunung Bromo dan satu jalur untuk menuju Padang Rumput Savana. Merupakan gunungan gunungan kecil yang sangat indah yang di tumbuhi rerumputan khas pegunungan seolah-olah membawa anda berasa masuk film teletubis. Maka tidak salah jika masanrakat suku tengger sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubies. Ini Bukitnya sungguh luar biasa Indah,berasa di negeri dongeng.

Kalau menurut jadwal kita selesai tour ini sekitar agak siangan tapi karena kita skip ke kawah makanya sekitar jam 09.00 pagi perjalanan usai di Bukit Teletubies. Setelah puas poto-poto dengan gaya yang itu-itu aja kita akhirnya cussss pulang ke Malang. Selama perjalanan kita tidur lelap banget hahhahahha
Finally jam 11.00 siang kita sampai rumah dan teman-teman pada heran kok cepat banget baliknya but ya sudah lah dengan harga Rp 250.000,- itu menurutku sangat wajar dan udah bisa memenuhi semua keinginan untuk mengelilingi Taman Nasional Bromo ini. Kalau kalian ke Jawa Timur wajib banget.