Trip to Batam -[Jembatan Barelang dan Kampung Vietnam]

by - 1:41:00 AM






Assalamualaikum wr.wb..Hai...haii..mumpung aku lagi besemangat membara untuk nulis di blog ,aku akan lanjutin cerita perjalanan ke batam kali ini. Hari Ketiga kita di Batam, setelah menyelesaikan acara dinas kita-kita kepikiran untuk maen di seputaan Batam. Nah..berhubung neng wana punya teman di Batam, kita minta bantu untuk nganterin kita sekaligus jadi guide. Hehehe..si Abang guide dadakan ini ganteng :D :D

Tujuan kita adalah Jembatan Barelang, , Kampung VietnamPantai Vio-vio dan Batam Center. Karena menurut si guide jembatan barelang, kampung vietnam itu searah. :D




- Jembatan Barelang -

Mengutip dari Wikipedia Indonesia :

Jembatan Barelang (singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena dia yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

Jembatan Barelang telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmark-nya Pulau Batam. Apabila Kota Jakarta identik dengan Monas maka orang akan mengidentikan Kota Batam dengan Jembatan Barelang (Barelang Bridge).

Nama Jembatan Barelang yang di berikan oleh masyarakat setempat ternyata lebih popular ketimbang nama aslinya yaitu Jembatan Fisabilillah. Nama “Barelang” oleh masyarakat diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut; Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki nama lain, Jembatan Habibie atau Jembatan satu.

Sesampainya di Jembatan Barelang kita langsung poto-poto. dan kita ketemu para mam-mama dari Papua yang juga lagi liburan disini. Lucu melihat mereka..dengan rambutnya dan logat mereka berbicara.. :D :D










Kita di Jembatan Barelang hanya sekitar 30 menit saja, karena disini hanya jembatan yang menjadi objek wisata. Langsung cuuus ke tempat selanjutnya....




- Kampung Vietnam -



Kampung Vietnam seluas 80 hektar di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, sejatinya bukan hanya bekas lokasi penampungan ribuan pengungsi asal Vietnam selama lebih kurang 16 tahun pada 1979-1995. Keberadaannya beserta berbagai peninggalannya layak dicatat sebagai monumen kemanusiaan bangsa Indonesia.

Kisahnya berawal dari pergolakan politik yang melanda Vietnam tahun 1970-an. Pergolakan kian memanas sehingga pecah perang saudara antara kelompok masyarakat bagian selatan dan kelompok masyarakat bagian utara negara itu. 

Karena kondisi semakin tidak menentu dan kian mencekam, ribuan warga bagian selatan Vietnam lalu memilih meninggalkan negerinya. Dengan hanya menggunakan kapal kayu, mereka yang juga disebut sebagai manusia perahu pergi mencari kedamaian atau suaka politik ke sejumlah negara di sekitarnya, termasuk Indonesia. 

Khusus perjuangan mencari kedamaian hingga ke Indonesia, mereka nekat mengarungi Laut Tiongkok Selatan yang dikenal ganas. Setelah melewati pelayaran selama berbulan-bulan, perahu pertama berpenumpang 75 pengungsi akhirnya tiba di Indonesia, persisnya di Natuna, Kepulauan Riau, 22 Mei 1975.
 
Walaupun nama Kampung Vietnam tetap melekat, di lokasi yang kini menjadi kawasan hening, hijau, dan terjaga itu sesungguhnya tidak ada lagi pengungsi yang tersisa. Jejak yang tertinggal di antaranya lokasi pekuburan berisi 563 makam serta bangunan rumah ibadah, seperti mushala, wihara, dan gereja (Katolik dan Kristen Protestan). Selain itu, ada sejumlah bangunan yang tidak lagi terawat, yakni bekas kamp bagi para pengungsi untuk berteduh. 

Kita mengunjungi Pagoda yang berada di ujung kawasan Kampung Vietnam ini.












You May Also Like

0 komentar