TIPS TRAVELING SAAT MUSIM DINGIN!

by - 6:54:00 PM




Assalamualaikum wr.wb

Hai chingu..apa kabarnya di hari ini? Semoga baik-baik saja yha...nah berhubung daku lagi kangen-kangenya dengan trip winter ke korea selatan setahun lalu,,,aku beberapa hari ini lagi suka-sukanya untuk upload dan mengenang kembali masa-masa itu #eaaaak terjebak nostalgia judulnya :D :D Aku akan share ke kalian tips-tips traveling saat musim dingin. Ini berdasarkan pengalaman aku yaaaa :)

Sebagai orang dari negara tropis pastinya kita semua atau pada umumnya alias rata-rata punya impian bisa datang ke negara yang mempunyai empat musim. Nah...si korea selatan itu termasuk dalam salah satu negara khususnya di benua Asia yang memiliki empat musim serta salah satu negara yang sangat indah jika musim dingin. Tau darimana? dari mbah google donk ya dan juga dari drama-drama korea yang super hits. Contohnya di Drama Moonlover Scarlert Heart, Winter Sonata, dll. 

Nah..oleh sebab itu aku memutuskan untuk trip ke korea selatan tahun lalu itu di Musim Dingin. Deg degan ..iya sih. Takut badan enggak kuat, takut mimisan, flu, mengigil, sakit dan sebagainya. Wong..pas di ruangan ber AC aja yang 18 derajat celcius kita suka kedinginan konon lagi yang ketika musim dingin atau musim salju suhu bisa sampai minus 20, minus 10. Kebayang kaan gimana dinginyaaa..huhuhuhu. But segitu bisa merasakan salju sungguh kenorakan enggak bisa di hindari hahhahhaha..hari ketika turun salju kita semua kegirangan kayak anak kecil, poto-poto, video dan megang-megangin salju yang super unik sih..kayak es diserut-serut gitu..hahhahha






Nah..walaupun trip ini udah setahun lalu masih ada aja yang nanyai gimana sih pas trip musim dingin itu? gimana dengan pakaian dll? jadi aku sengaja buat nulis di satu postingan tentang hal ini. Sebenernya segala tips-tips untuk trip di musim dingin bisa search di mbah google juga dan sesuaikan dengan segala kemungkinan yaaa...terkadang tips-tipsnya enggak perlu semua dilakukan kalau badan kamu kuat dll. Langsung aja yhaaa :)



----------------------------------------- 



1. Pakaian berlapis / Layering


Sebenarnya aku udah pernah bahas tentang ini disini. Dan memang untuk winter kita harus pakai pakaian berlapis bahkan aku biasa pakai sampai 4 atau 5 lapis.


-> Untuk atasan urutannya  : Long Jhon - Kaos 2/3 Lapis - Sweater - Coat/Jacket

-> Untuk bawahan urutannya  : Long Jhon - Legging 1/3 lapis - Celana tmbahan/Rok










Kalau udah pakaian berlapis begini di pastikan kita bakal kelihatan tambah gendut :D :D. Xixiixixi..daripada mau tampil cantik terus badan malah ngedrop..aneh kan ya.. Nah...kita bisa kok siasati pas mau photo lepaskan jaket / coat terus pakai lagi. Dan juga kalau udah di dalam ruangan kita bisa lepaskan karena biasa ada penghangat juga.





2. Hotpack/Hand Warmer 

Apa sih hotpack itu?? Hotpack adalah penghangat badan yang instant atau praktis. Biasa di jual di sipermarket seperti 7elevan dll. Bentuknya sekilas mirip koyo, tapi seperti ada butiran-butiran di dalamnya. Jadi tinggal di goyang-goyang lalu siap dipake. Panas yang dikeluarkan oleh si hot pack itu bertahan sekitar 3-4 jam saja. Lumayan untuk menghangatkan badan ya. Ada juga penghangat tangan elektronik yang bisa dibeli dengan harga 40.000 won










3. Syal & Gloves


Syal dan Gloves itu wajib banget buat musim dingin. Supaya leher dan tangan kita bisa hangat dan terlindungi. Korea Selatan itu anginnya super kencang ketika musim dingin. Dinginnya suhu di tambah anginnya membuat musim dingin semakin kerasa.Syal bisa kamu gunakan untuk melindungi leher dan juga telinga. Pilih syal yang tebah dan berbahan wol, begitu juga dengan sarung tangan pilih yang berbahan tebal serta juga touchscreen supaya ketika ingin menggunakan handphone kita enggak perlu buka pake si sarung tangan. 









4. Gunakan Sepatu Boots/Winter


Untuk sepatu kita kudu wajib pakai sepatu winter yang super hangat dan melindungi kaki. Sebenarnya bisa sich pakai sepatu running/kets seperti sepatu yang aku pakai ketika ke korea cuma kaki cepat terasa kaku dan sakit. Ya iyalah salah sepatu..hahhahhahha. Kaki itu rasanya kayak di tusuk-tusuk. huhuhu..nah supaya lebih anget kamu harus pakai kaos kaki tebal dan sepatu winter semacam boots.










5. Bawa Obat-obatan


Nah...untuk jaga-jaga sebaiknya kamu bawa beberapa obat-obatan dari Indonesia. Kenapa? karena katanya di Korea untuk membeli obat-obatan agak susah, harus dengan resep dokter dan juga kita engak tahu kan ya obat itu halal atau bagaimana -_-. Oleh sebab itu baiknya kita bawa dari Indonesia aja. Gunanya untuk apa? untuk persiapan jikalau kita sakit entah itu demam, entah itu bermasalah dengan pencernaan dll. Secara makanan kita berbeda, suhu juga berbeda. 

Kamu bisa bawa beberapa obat seperti koyok, tolak angin, minyak kayu putih, baslem, obat demam, obat pusing, obat untuk pencernaan dll. Jangan lupa untuk sediakan juga pelembab untuk bibir, dan body lotion. Angin dan salju yang dingin akan membuat kulit menjadi kering dan rapuh. Secara tidak sadar sebenarnya kulit kita sedang “terbakar” oleh hawa dingin. Akibatnya bibir menjadi pecah-pecah dan luka, kulit juga seperti dirobek-robek. Aku sempat mengalami ketika 2 hari pertama di Korea. Kulitku merah-merah, pecah-pecah serta gatal. Katanya itu alergi dingin.Yassalam -_-.









6. Banyak bergerak!

Nah..ini nich harus deh..karena kalau kita diam aja dipastikan dingin lebih kerasa dan badan bisa jadi kaku. Kita bisa gerakkan jari-jari atau kaki untuk lebih menghangatkan atau berkeringat.










7. Cari Tempat Indoor

Kalau yang ini...sederhananya kalau kita udah merasakan kedinginan pakai banget nah..kita coba cari tempat indoor terdekat misalnya supermarket, 7eleven kah, store make up/skincare kah dan sebaginya. Atau juga kamu bisa cari cafe dan restoran.

Nah..pas kita ke Gwanghamun square kita juga udah sangat kedinginan jadinya kita masuk ke 7eleven buat beli cokelat panas sambil megnhangatkan badan. Begitu juga pas kita di Nami Island kita masuk ke tempat penjualan souvenir lagi-lagi hanya untuk menghangatkan badab hahahhahha.












8. Persiapan Itinerary Cadangan

Kalau yang ini penting banget untuk antisipasi ketika bertravelin pas musim dingin/winter. Seringkali suhu yang tiba-tiba dinginya sampai minus sangat rendah membuat badan kita enggak kuat untuk diluar atau datang ke tempat outdoor. Pernah pas kita disana suhu paling rendah adalah -10 sampai -17 derajat, nah kita jadinya merubah initerary ketempat yang lebih hangat. Enggak perlu buat maksain ke tempat-tempat outdoor. Kamu bisa datang misalnya ke lotte mark, SM Town, dll.







                           ---------------------------------------


Nah..sekian tips-tips dari aku. Selebihnya kamu bisa sesuaikan lagi dengan keadaan kamu ketika perjalanan. Jangan lupa tetap semangat, have fun dan persiapkan diri untuk winter trip. Semoga tips-tips aku bermanfaat dan bisa membantu teman-teman yang ingin jalan-jalan ketika winter. Kalau masih ada yang ingin di tambahkan atau ingin bertanya dan lain-lain silahkan tulis di kolom komentar yaaa :) Selamat berlibur untuk semuaa.


                       Baca juga : South Korea Winter Trip - FAQ 


 

You May Also Like

2 komentar

  1. waaaaa, infonya jempolan banget kak, iya obat-obatan itu sepele tapi untuk preventif di negara dengan suhu dingin perlu sekali bawa dari Indonesia... Oiya kak, berarti obat-obatan yang kakak bawa itu aman yaa waktu lewatin pemeriksaan di airport??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhehe..makasi kakak :) btw makasi ya udah mampir di blog aku..iya kak..wajib bawa, karena kan kita enggak terbiasa jg dgn suhu dingin dllnya dsana..untuk pemeriksaan aman aja ko kak, tariknya di bagasi aja, jangan di tas kabin.mudah2an amaan kok kak

      Delete