MENYEWA HANBOK DI SEOUL [SOUTH KOREA WINTER TRIP]

by - 9:44:00 PM

Assalamualaikum wr.wb




Hai Chinguya selamat siang ..apa kabar kalian hari ini? semoga baik-baik aja yha :) nah..balik lagi ke postingan aku tentang Korea Selatan..hahhaha..lagi dan lagi,,maaf yha kalau kalian jadi bosan :p kali ini aku akan berbagi pengalaman gimana sih caranya menyewa hanbok. Secara kalau kita maen ke korea kudu banget nyobain pakai hanbok, supaya poto-poto kece kita itu makin cuantik :D

Hanbok apaan sih?  ...sama kayak batik di indonesia, hanbok adalah pakaian tradisional korea selatan dan korea utara *bila di korea utara dikenal dengan nama Choson-ot*. Istilah Hanbok itu berasal dari kata han dan bok. Han adalah sebutan untuk orang Korea: orang Han, sedangkan bok adalah pakaian. Jadi, saat kita menyebut Hanbok sebenarnya kita menyebut "pakaian orang Han". 
 
Hanbok yang kita kenal itu adalah pakaian tradisional masyarakat Korea pada Era Dinasti Jeoseon (1392-1910 M). Pada masa itulah paham Konfusianisme diterapkan secara legal di Korea. Saat itu, terjadi pembedaan pakaian yang dikenakan masyarakat Korea. Golongan Yangban atau golongan Atas mengenakan hanbok berwarna-warni dengan hiasan bordir dan sulaman yang indah dan bahan yang terbuat dari sutra. Golongan masyarakat umum atau rakyat biasa mengenakan hanbok sederhana terbuat dari bahan kain katun dengan pembatasan warna, yakni hanya warna putih, pink muda, hijau muda, dan abu-abu.  hanbok dipakai secara formal ataupun semi formal dalam perayaan atau festival tradisional, misal tahun baru imlek ataupun perayaan chuseok.

Hanbok memiliki beragam jenis. Ada yang digunakan untuk keperluan upacara adat, pakaian sehari-hari, dan ada pula yang dikelompokkan berdasarkan gender, usia, dan musim. Telepas dari jenisnya yang sangat beragam, desain Hanbok tetap terlihat sederhana dan menawan. Desainnya yang eye-catching dengan ukuran yang lebar membuat Hanbok cocok untuk dipakai oleh siapapun, termasuk kamu!

Untuk menyewa hanbok banyak banget tempat yang menyediakan jasa ini. Kalau kamu keliling Korea bakal nemui toko-toko penyewaan ini. Kita kemarin nyewa hanbok di toko sekitaran Bukchon Hanok Village. Seingat aku rutenya itu kalau kamu keluar dari station belok kiri jalan terus sampai menemukan perempatan terus nyebrang dan taraaaaa nemu deh itu tokonya.

Aku kesal karena poto-poto pas disini ilang..huhuuhuh..jadinya aku bakal share beberapa poto doank ya 

Nyeberang aja disini


Tempat menyewa Hanbok biasanya tidak jauh dari tempat-tempat tujuan wisata. Masing-masing pemilik rental Hanbok memiliki peraturan dan tarif yang berbeda-beda. Namun, semua tempat sewa mengharuskan kamu untuk menyerahkan kartu identitas (paspor) dan membayar uang jaminan. Durasi sewa juga bervariasi mulai dari 30 menit hingga berhari-hari. Aksesoris seperti sanggul dan norigae juga bisa disewa secara terpisah.




https://www.visitkorea.or.id/


Harga sewa cukup masuk akal dan bervariasi sesuai dengan jumlah jam sewa, yakni mulai dari 10.000 sampai 40.000 won. Sebagian besar toko menyediakan loker untuk menyimpan barang-barang Anda dan agar tidak kerumitan saat membawa mereka berkeliling. Banyak toko serba ada yang juga menawarkan pilihan bagus seperti styling dan asesoris rambut (tas, topi, sepatu) untuk tampilan sempurna tanpa biaya tambahan.

Nah..kita berenam agak ragu sebenarnya untuk pakai hanbok hari itu. Karena lagi turun salju dan dingin banget. But karena jadwalnya udah ke istana dan buckhon hanok village jadinya kita nekat aja. Btw disini kita juga bakal diberikan satu loker untuk menyimpan barang-barang. Karena pas winter kita di berikan juga semacam penghangat /kain tebal sebagai pelindung. Aku lumayan kesal karena warna hanbok yang aku pilih terlalu gelap..aahhh..begitu lihat poto-poto disana aku jadi pengin ngulang lagi -_-





Tips buat kamu yang pengin pakai hanbok, sebaiknya pilih hanbok berwarna cerah supaya di poto akan keliatan lebih bagus. Kalau kamu pengin yang bernuansa ratu/putri kamu juga bisa milih kok,,,sesuai keinginan kamu aja ;)

Sekian cerita aku kali ini tentang penyewaan hanbok. Kalau ada yang ingin di tambahkan atau ingin di tanyakan silahkan tulis di komentar yha chinguya :) Khamsahamnida

Wassalam

Lia

 

You May Also Like

6 komentar

  1. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau sy berbohon. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang takut hubungi nomer trsbut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan maupun melalui anka nomer togel. Setelah dengar arahan nya bukan jg larangan agama atau jlan sesat. Tergantung dri keyakinan dan kepercayaan sja. Syukur Alhamdulillah benar2 sudah terbukti sekarang.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Jangan lupa kunjungi kami di
    jual baju drumband Mojokerto


    ReplyDelete
  3. pengen nyoba pake hanbok juga, biar kaya drama saeguk korea.. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..terima kasih ya udah mampir :) aku doain kamu akan kesana juga dan nyewa hanbook :0 semoga segera rezeki ke korea...recommend :)

      Delete