Perawatan Othodontik [gigitan dalam/deep bite]

by - 10:22:00 PM


Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang :) kenapa tiba-tiba aku membahas orthodontik? aku bukan dokter gigi tetapi aku sebagai pasien orthodontik. Aku mau cerita pengalamanku selama kurang lebih hampir 2 Tahun ini memakai behel. 







Apa itu perawatan orthodontik?

Menurut British Society of Orthodontics, Orthodontik adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan khususnya tulang rahang dan wajah yang dapat mempengaruhi posisi gigi.
Jadi perawatan orthodontik tidak semata-mata hanya berurusan dengan merapikan susunan gigi yang tidak rata tapi juga mengembalikan fungsi pengunyahan yang normal. Dengan dilakukannya perawatan orthodontik, pasien diharapkan dapat memiliki susunan gigi yang harmonis sehingga memperbaiki fungsi pengunyahan, cacat muka/asimetri wajah dapat diperbaiki, dan hilangnya rasa sakit yang mungkin terjadi akibat gigitan yang tidak seimbang karena susunan gigi yang tidak rata.

Penyebab maloklusi
Dalam kedokteran gigi, susunan gigi yang tidak beraturan dan hubungan gigi antara rahang atas dan bawah tidak ideal disebut maloklusi. Ada beberapa hal yang menyebabkan maloklusi, di antaranya:
  1. Gangguan perkembangan janin, yang dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau faktor lingkungan saat ibu sedang hamil. Contohnya obat-obatan yang dikonsumsi ibu saat hamil mempengaruhi proses tumbuh kembang janin, termasuk bagian gigi dan mulut. Namun presentasi maloklusi yang disebabkan oleh hal ini relatif kecil.
  2. Gangguan pertumbuhan skeletal (tengkorak kepala) yang dapat disebabkan karena cedera yang dialami janin saat kelahiran, atau proses kelahiran yang sulit sehingga menyebabkan trauma pada kepala janin.
  3. Gangguan pertumbuhan gigi, yang dapat disebabkan oleh jumlah gigi yang kurang (anodontia/oligodontia) atau lebih (supernumerary teeth) dari normal. Bisa juga terjadi akibat kehilangan gigi susu secara dini.
  4. Kebiasaan buruk, seperti mengisap jempol atau benda lain. Tidak semua kebiasaan buruk ini menyebabkan maloklusi, tergantung sampai berapa lama kebiasaan buruk tersebut bertahan. Bila anak masih memiliki kebiasaan ini hingga gigi tetapnya mulai tumbuh, besar kemungkinan ia mengalami maloklusi. Keparahannya bergantung pada seberapa besar tekanan yang diberikan saat ia menghisap jari, posisi jari saat penghisapan, frekuensi dan durasi penghisapan.



    Nah..kenapa aku perlu perawatan orthodontik?? Karena pada kasusku menurut dokter gigiku, aku memiliki gigitan dalam.Apa itu gigitan dalam/deep bite?

    Gigitan dalam/Deep Bite adalah dimana hampir seluruh gigi depan bagian bawah tertutup oleh gigi depan atas. 

    Aku mulai perawatan sekitar Oktober 2014, sudah lama kan? Capek juga sich sebenarnya pakai behel :D :D. Awalnya gigi ku susunannya enggak rapi dan ada beberapa gigi yang rusak. Sebelum dilakukan pemasangan behel, gigi yang rusak harus di cabut dahulu, supaya dalam perawatannya tidak mengganggu gigi yang bagus. Kata dokter gigiku,,Gigi ku sedikit unik :D kasus dengan gigitan dalam disertai dengan bentuk gigi yang kecil-kecil.. Dan dokter gigiku super sabar :* :*








     
    Dari poto di atas keliatan kan bedanya dari mulai aku belum memakai behel sampai sekarang. Awalnya susunan gigi tidak rapi dan berjarak. Setelah hampir 2 tahun sudah mulai ada perubahan. Ada beberapa teman nanyaiin..."lia,,kamu operasi rahang ya??" waahhh..engggaaakk..aku hanya pakai behel saja. Dan ternyata karena bentuk rahang jadi berubah maka bentuk wajah jugajadi berbeda, yang awalnya bagian pipiku agak chubby,,,ehhh..chubby beneran deh,,,hahahahha..sekarang sudah agak tirus. Berat badan juga jadi turun lo. Awal-awal aku pakai behel itu sangat menyiksa. Dari berat badan ku 60 Kg turun jadi 56 - 57 Kg. Walaupun sekarang berat badanku kembali ke posisi 60 Kg..hahahaha.Kenapa bisa turun drastis?? Karena untuk makan saja susahnya minta ampyuunn..gigi kayak enggak berada di tempatnyaaa..kalau kena sesuatu aja sakitnya luar biasa, untuk menyikat gigi penuh perjuangan. Alhasil aku makan seadanyaaaa dan kurus. Tapi kalau sekarang udah normal lagiiii :D :D


    Awal pemasangan behel, gigiku di fokuskan untuk merapikan susunan. Jadi jarak antara gigi semakin bagus dan juga tingginya jadi sama. Menurut dokter gigiku aku masih harus perawatan lanjutan lagi. Akan di pasang behel dari arah belakang. Aku kurang paham namanya apa, jadi intinya bagian gigiku yang bawah akan di dorong ke depan supaya letaknya bagus dan sesuai dengan gigi atas.
    Okeeee..baiklah..semoga perawatannya semakin baik ya, dan cepat selesaaaaii :D Supaya duitnya enggak melulu habis untuk perawatan ini...xixixiixix,, Mahal cyiiinnn orthodontik ini :D :D
    Demikian pengalamanku selama memakai behel, semoga bermanfaat dan kalau ada yang mau sharing pengalamannya silahkan :)
    Trims
    - Lia -

You May Also Like

6 komentar

  1. kira2 butuh biaya brp yah sis untuk gigi deep bite? saya juga mengalami hal yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bernando..tq udh mampir..
      kemarin aku pasang behel atas nawah Rp 3.500.xxxx beda dokter biasanya beda harga. dan selanjutnya untuk kontrol bulanan sekitar Rp 100 - 200 rbuan :)

      Delete
    2. masih murah sis ... saya pernah tanya sama salah satu dokter dan biayanya kena 10 jt sis ... katanya sih bahannya buatan german bla bla .. dan akhirnya saya urungkan niat ... bukan cuma harganya yg mahal tp pasti bentuk rahang juga berubah

      Delete
    3. Wah..mahal banget yaaa sampe 10jt..iyaa...aku setelah pake behel rahangnya juga berubah..

      Delete
  2. Gigi kamu deep bite? Aku pake behel. Cabut gigi jd deep bite. Tadinya gigi aku maju banget. Tp skrg malah jd deepbite. Proses normalnya gmn ya. Dan harus brp lama lg aku pake behel? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba rahma..trims udah mampir..iyaa gigi aku emang dari awal deep bite..kalo proses normalnya yang aku dapat info dri dokter gigiku ..gigi aku bakal di buat behel dari dalam, atau letaknya dibelakang gigi.jdi nanti giginya bakal jdi maju dan bentuknya jdi oke. untuk berapa lamanya kayaknya tergantung dokter giginya mba..aku udah pake 3 tahunan..

      Delete