Pengalaman dan Tips Kuliner di Korea Selatan

by - 10:47:00 PM

Assalamualaikum wr.wb




Hallo Chingu ..apa kabar semua? semoga baik-baik saja. Aku mohon maaf udah lama enggak posting di blog. Terkadang rasa malas lebih besar..hahahhahha. Mumpung sekarang lagi segar dan ada ide aku segera nulis. Setelah perjalanan aku kemarin ke Korea Selatan banyak pertanyaan-pertanyaan seputar perjalanan ini. Salah satunya "Makan selama di sana". Tidak bisa di pungkiri kalau di Seoul itu makanan nya sangat mahal. Satu porsi paling murah itu sekitar 5000 WON yang kalau kita rupiahkan jadinya Rp 60.000,-. Itu hanya semangkuk ramyeon lo...belum lagi seporsi Kimbab dan lain-lain. Orang Korea itu makannya banyak banget...hihihiihih. Satu porsi itu banyak banget kalau kita bandingkan dengan di negara kita ini. Bisa 2 sampe 4 Kali lipat. Dan aku pernah makan bubur dengan harga 9.500 WON sekitar Rp 120.000,-. Hahhahha..nanti aku bakal share lebih lanjut. 

Selama di sana aku sebenarnya tidak kepikiran untuk buat post tentang makanan ini. Jadi selama di sana aku hanya poto beberapa makanan aja. Aku enggak poto tempat dan lokasi tepatnya. Di post ini aku bakal share seadanya saja ya. Mohon maaf kalau tidak lengkap. Yuuuucck cuuus langsung saja..

1.  Asian Cuisine Halal Certified.

 Restorant ini berada di Nami Insland dan merupakan restorant halal yang juga menyediakan musholla. Tempatnya nyaman banget,,,dan hangat. Walaupun kita disana lagi musim dingin di sini juga disediakan pemanas ruangan. Aku kesal banget sekarang ini,,begitu aku mau post beberapa poto ketika di restorant ini ternyata filenya hilang....wuaaaa..aku sedih..file yang dari hari pertama sampai ketika hilang...huhuuhuhu :( akhirnya aku nyari di beberapa blog teman-teman buat share disini.

http://www.suzie284.com/2016/01/lunch-asian-cuisine-restaurant-nami.html





Di restoran ini menunya banyak banget dan kita sempat bingung. Kalau untuk harga mahaaaal cyyiinn..hahhahahha.. Masing-masing kita makan di atas 10.000 WON kalau di rupiahin sekitar Rp 100.000 ke atas. Itu untuk satu porsi..hhahahhaha. Oia kalau di Korea itu ketika makan di restoran atau di cafe biasanya sudah di berikan banyak banget pelengkap. Misalnya kimchi, acar dan toge-togean gitu. Aku lupa namanya. DI bawah ini beberapa makanan yang kita pesan. cuma nemu tiga poto aja :(





2.  Bonjuk Myeongdong

Tempat kedua yang kita datangi adalah Bonjuk Myeongdong. Sebenarnya hanya aku, mba yuam dan eka aja yang kesini. Teman-teman lain makan di restoran di daerah Myeongdong juga, aku lupa namanya. Mereka makan makanan yang di masak di atas meja itu, kalau tidak salah mereka makan nasi goreng kimchi. Ketika kita masuk ke restoran itu...waaaah..bau rempah-rempahan khas korea menusuk banget..dan buat enek. Akhirnya aku milih ikutan mba yuam buat makan bubur aja.

Restoran bubur ini terletak di lantai dua dan agak sulit untuk mencarinya. Restoran ini sudah sangat terkenal dan ramai. Restoran ini nyaman banget. Didominasi dengan warna cokelat dan hijau lumut.




Ini Ahjumma nya lagi pada makan siang..begitu di poto responnya langsung begini..hihiihih





Ketika kita kesini para pengunjung belum terlalu ramai. Kalau di lihat di menu mereka menjual aneka bubur dengan berbagai macam rasa. Aku memilih menu yang berwarna merah dan katanya paling pedas. Aku lupa namanya apa. Ketika memesan si Ahjummanya bilang "Yakin mau pesan ini? ini sangat pedas lo?  hahahhah..dengan yakin juga mengiyakan. Secara udah sangat merindukan si Bakso yang super pedas,,,uhuhuhuuhu. Kalau musim dingin begini memang enaknya makan yang pedas-pedas iya kan..hahhahah :D :D Kita mesan menu yang berbeda. Aku pesan yang pedas sedangkan mba yuam dan eka pesan bubur varian seafood. 

Restoran ini super duber nyaaaamaaaaan banget. Suasananya tenang dan di temani dengan Lagu-lagu Korea yang super kece. Kita makan itu sekitar jam 1 Siang. Kebayang kan siang-siang ditemani lagu-lagu korea yang kece banget. Lagunya pas banget dengan waktu siang. Easy listening banget pokoknya. Kita sampai betah dan malas keluar menghadapi dinginnya angin..huhuhuuhuh. 

Setelah menunggu sekitar 15 - 20 Menit finally pesanan kita datang juga. Ya Allah..terkejut liat porsinya. Banyaaak banget..hahahhahha. Untuk rasanya enaaaaak bangeeet...buburnya itu masih berbentuk nasi utuh...dan banyak campuran lainnya. Ada Udang, Kerang, Cumi dan lain-lain. Untuk pedasnya lumayan pedas. Mungkin kalau yang suka pedasssss nya gila-gilaan ini masih belum seberapa.hahhahhaha. Sangking banyaknya aku enggak sanggup buat habisin...Untuk satu porsi yang aku pesan harganya 9.500 WON sedangkan yang satunya lagi 9.000 WON. Maaahaaal kan..hahahhah





3. Makan di Restoran dekat Hostel.

Selain dua restoran di atas kita juga makan di restoran dekat hostel.Aku lupa namanya apa. dan aku enggak bisa cerita banyak. Aku cuma bisa share beberapa makanan lainnya.

Harga 4000 - 8000 WON.


 
Acar, Kimchi, Kimbab dll.


4. Jajanan

Kalau ke Korea enggak sah kalau enggak nyobain aneka jajanannya. Apalagi musim dingin banyak banget jajanan pinggir jalan yang enak-enak. Untuk harganya juga bervariasi. cek di bawah yaa :)

- Aneka Seafood.

Aneka Seafood di baluri tepung haganya mulai 1000 - 3000 WON.








2. Odeng

Odeng merupakan olahan ikan yang di makan dengan kaldu panas/hangat.  Rasanya mirip mpek-mpek. Untuk harganya cuma 1000 WON saja.

Add caption

3. Hotteok.
Hottek merupakan salah satu kue beras yang paling laris. Kue beras ini di sajikan dengan cara di goreng. Kudapan Kue beras ini berbentuk bulat pipih dan di isi dengan kacang tanah cincang beserta gula dan kayu manis bubuk. Paling enak di makan pas musim dingin...Yaaaaammmmy. Untuk harganya kita kemarin beli 1000 WON.



4. Tteobokki.

Ini merupakan jajanan wajib kalau ke korea selatan. Yessss..makanan yang paling sering muncul di drama korea. Tteobokki atau kue beras. Kue beras yang di sajikan dengan saos. Rasanya enak banget. Untuk harga berkiras dari 2000 - 3000 WON.




 5. Delimanjoo

Ini nich jajanan yang paling sering kita beli ketika di sana. Roti Manjoo huhuuhuhuuh..ini kuenya enak banget. Kita sering beli pas di subway. Untuk satu porsi harganya mulai 1.500 WON - 3000 WON. eiitttsss...jangan salah,,kios tempat kue ini di jual selalu ramai malah kita harus antri cyyiinn.. :D Roti Manjoo ini di produksi oleh Delice CO Ltd Delimanjoo dan memecahkan rekor sebagai penjualan paling banyak...wuuuaaa... 



6. Ayam Goreng

Ini juga menu andalan yang sering tampil di drama korea. Kita belinya di dekat hostel. Untuk rasanya pokoknyaaa mak nyusssss. Harganya sekitar 5000 WON ke atas.



Banyak juga jajanan yang kita beli enggak sempat kepoto. Udah keburu habis..hahhah. Kak..kok makan di restoran/cafenya cuma dikit? Okeee...aku mau jelasin selama kita di Korea kita itu berusaha buat menekan biaya seminim mungkin. Nah aku mau share ke teman-teman semua gimana caranya meminimalisir pengeluaran di Korea Selatan...yang sudah pasti biaya paling banyak adalah makan. Yuccckkk cusssss...

Tips Kuliner Di Korea Selatan :


1. Bawa bekal dari Indonesia.

Yang paling utama adalah kita bawa bekal dari Indonesia. Kenapa? selain di sana mahal juga sangat susah mencari makanan halal. Sebagai alternatif kita janjian untuk bawa bekal dari indonesia. Apa saja yang kita bawa? Kita bisa bawa Abon, Indomie, berbagai macam sambal sachetan seperti sambal terasi, sambal teri dan tempe, Energen serta Bolu atau roti2 yang bisa tahan untuk beberapa hari. Selain makanan di atas kudu bawa juga berbagai macam obat-obatan. Misalnya Tolak angin, vegeta, diapet, Koyo dan lain-lain.

Nah..selama kita di sana kita hanya makan di luar itu palingan satu kali sehari, selebihnya kita makan di Apartemen. Alhamdulillah di apartemen di sediakan dapur yang memudahkan kita buat masak. Untuk nasinya kita beli di supermarket. Nasi instan ini kita beli satu pack dengan harga 4000 WON. Isinya ada 4 cup. Simple banget...kita bisa panaskan di Microwave sebelum di makan. Untuk isinya banyak lo..kita bisa makan untuk dua orang.







2. Jangan kebanyakan Jajan. 
Ini juga tips buat kamu selama di Korea. daripada kamu jajan kebanyakan mending kamu simpan uangnnya buat beli BB Chosion..LOL. Usahakan kamu jangan terlalu banyak jajan di Korea. Paling tidak satu hari kamu jajan 1 macam jajanan saja :).

3. Bawa selalu air atau botol mineral.
Selama melakukan perjalanan ini juga wajib kamu lakukan. Selalu bawa air atau botol minuman di dalam tas. Bisa di pastikan kita bakalan haus dan capek. Nah..untuk menghemat kamu bisa bawa air mineral tanpa harus beli. Lumayan kan biaya untuk beli muniman bisa kamu simpan buat beli Oleh-oleh :D :D

4. Makanan Halal
 Pastikan juga kalau kamu memang harus makan di luar, cari restoran yang halal. Berhubung mencari restoran halal susah di korea paling tidak kamu cai restoran yang tidak menjual babi. Banyak kok restoran yang hanya menjual ayam saja atau beef.

Okee...sekian cerita aku tentang pengalaman dan beberapa tips kuliner selama di Korea Selatan. Kamu punya cerita juga kulineran di Korea Selatan? atau kalau kamu punya pertanyaan seputaran perjalanan aku kemarin...Yuuccckkk berikan komentar kamu :)

Wassalam

Lia



You May Also Like

10 komentar

  1. seneng banget mbak udah ke Korsel.. pengen juga nanti-nanti bisa kesana.. bagus tipsnya..
    Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba komi..salam kenal kembali dari Aceh :) Makasi ya mba udah mampir...hhehhe..iya mba..alhamdulillah udah ke korsel..semoga nanti mba segara bisa kesana juga ya :)

      Delete
  2. hallo boleh tnya kah hostel yg tmpat km nginep dmn yah?trs harganya brp?bolehkah share?kebetulan aku lg cari makasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba :) makasi ya udah mampir... hehhe...kita kemarin nginap di inside backpaker...untuk harga bisa coba cek di agoda atau booking.com mba..karena kita ambil paket tour kemarin..aku udah penah share disni https://marlianazra.blogspot.co.id/2017/03/south-korea-trip-menginap-di-inside.html

      Delete
  3. korean food memanf sangat menggoda dan bisa bikin kalap kulineran.. jadi tipsnya benar-benar membantu banget kak, makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaiii kakak..terima kasih sdh mampir :) iyyaaa kaka..kalap kulinernya macam2..semoga bermanfaat ya kk

      Delete
  4. Halo kak, mau tanya dong.
    Kalo makan di resto atau kedai gitu cara bayarnya gimana ya?
    Bayar dulu baru makan, atau selesai makan minta bill, atau selesai makan langsung bayar di kasir?
    Thank you ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak...salam kenal, makasi ya udah mampir diblog aku..nah sepengalaman aku kemarin, sama kaya di Indo kok,,,makan dlu setelah itu minta billnya dan bayar (kalau kedai biasa) tapi kalau di restoran gitu setelah makan kita minta billnya dan bayar di kasir..beda tempat beda juga sih kak...semoga membantu ya kak..

      Delete