OBJEK WISATA PUNCAK GRAPELLA, PANTON LUAS TAPAKTUAN

by - 8:30:00 AM

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman, apa kabar disana? semoga dalam keadaan sehat ya, Amin Ya Allah. Nah....gaes...di Tapaktuan ada objek wisata terbaru lo...! wah wah ..kira-kira apa ya? dimana? Baik baik..aku akan cerita ya...





Nah..Objek Wisata ini di namakan "PUNCAK GRAPELLA" yang berada di Desa Panton Luas Kecamatan Tapaktuan. Panton Luas merupakan salah satu gampong atau desa yang ada di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Naahh lokasinya masih berada sekitaran kota Tapaktuan, menurut informasi dari media sosial yang mereka punya, Puncak Grapella ini di beri nama GRAPELLA oleh masyarakat sekitar, GRAPELLA sendiri merupakan GERAKAN PERUBAHAN LAHAN. Waaahh kece yaaa...Objek Wisata ini di kelola oleh pemuda setempat dan semakin kesini akan di lakukan banyak pembaharuan untuk menambah kekecean puncak ini pastinya. Kawasan ini merupakan ladang Sereh yang menciptakan keunikan sendiri donk. Nahh Kalian bisa ikuti media sosial yang mereka punya disini yaaa puncak grapella





Nah bagi kita yang mau maen ke puncak grapella ini, sangat di sarankan untuk di pandu oleh masyarakat sekitar supaya kita bisa sampai di atas dengan aman sentosa tanpa kurang suatu apapun. Kita bisa ceki-ceki media sosial mereka yaaa.

Untuk sampai ke lokasi ini kita harus memasuki jalan menuju gampong kurang lebih sekitar 15-20 menitan. Kita bisa masuk melalui simpang atau jalan Habib Mustafa yang berada sebelum hotel dian rana sebelah kanan. Masyarakat sekitar biasa menyebut jalan ini dengan jalan PT.ADI karena kabarnya dahulu disini adalah sebuah pabrik dengan nama tersebut. 




Jalan Habib Mustafa untuk menuju gampong panton luas









Nahhh begitu udah masuk di jalan habib mustafa kita tinggal jalan terus menngikuti jalanan sampaaaaaaai masuk ke pemukiman masyarakat gampong panton luas, untuk jalanan yang kita lalui, setengah telah di aspal dan selanjutnya kita akan melewati jalanan berbatu yang berliku menanjak, waah super sekali.



jalanan berbatuan

Sekitar 5-10 menitan (sesuai yang bawa kendaraan) kita akan sampai di Gerbang Gampong Panton Luas, tandanya pemukiman warga udah dekat donk..wuaaa senang.



Gerbang Desa

Pemukiman


Alhamdulillah masuklah kita di pemukimam masyarakat gampong panton luas, naaaaaah perjalanan enggak lama lagi donk. Kita tinggal ikutin jalanan sampai penghujung melewati balai/kantor desa. Sampai ujung jalanan aspal kita belok kanan ke jalanan setapak tanah. Naaaah mulai dari sini jalanan udah bikin hati cenat cenut. 
















 

Setengah perjalanan ini, kita berdua (aku kesini bareng si adek sepupu partner ngebolang Rama) memutuskan buat melanjutkan dengan jalan kaki aja. Karena kita melihat akses jalanan yang semakin tidak bagus, berlubang, tanjakan dan sebagainya. sepeda motor yang kita kendarai kita parkirkan di bawah pepohonan yang mana juga ada sekitar 3-4 sepeda motor yang juga di parkir disini. Berarti juga ada beberapa orang yang jalan kaki. Kalau teman-teman jago bisa kok melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor sampai ke titik pertama.









Mendaki gunung lewati lembah



 

Setelah perjalanan sekitaran 5 menitan sampailah kita pada titik pertama. Titik pertama merupakan pondok yang mana biasa di jadikan tempat parkiran sepeda motor teman-teman yang hanya mampu menggunakan sepeda motornya sampai titik ini. Pondok ini juga di jadikan sebagai area istirahat sebelum lanjut ke titik kedua.






titik pertama


Dari titik pertama ini kita melanjutkan perjalanan ke titik dua. Walaupun dari sini aja kita sudah disuguhkan pemandangan bukit-bukit/gunng yang hijau dengan laut dan langit biru. Sungguh Indah Ciptaan Mu ..Ya Allah. Untuk bisa sampai ke titik kedua yaitu pondok yang berada di puncak beristirahat kita harus melewati jalanan terjal yang lumayan ngeri. Ehhhh...tak lupa lo poto-poto..hihihiihih








Jalan menuju titik kedua





Perjalanan siap kita lanjutkaaaan. Semangaaat dan tak lupa untuk poto-poto cantiik yyya ..









Sepanjang perjalanan kita tetap donk untuk mengabadikan setiap lokasi. Cekrek...cekrek..hahahhaha






Perjalanan menuju titik kedua



Titik kedua dari lokasi ini adalah sebuah pondok tempat beristirahat atau juga tempat untuk menyantap makanan minuman bekal yang kita bawa. Sepanjang perjalanan menuju pondok ini kita akan melihat luasnya pergunungan hijau nan indah.











Titik Kedua

Nah setelah puas berpoto ria sepanjang perjalanan menuju titik kedua ini, kita bisa lanjut menuju titik ketiga, total ada tiga titik di objek wisata Puncak Grapella ini. Titik ketiga yang diberi nama "PUNCAK DILIEK". DILIEK merupakan bahasa anek jamee yang artinya adalah DILIHAT. So...dari atas puncak diliek ini kita bisa melihat keindahan dengan sangat luas.


Untuk mencapai puncak diliek, dari titik kedua kita kembali ke pertengahan perjalanan untuk naik ke puncak. Nahh..menurut info dari Media sosial mereka, para pengunjung di minta untuk menjaga langkah supaya tidak merusak ladang sereh ya. ingat jaga sopan santun juga.



Menuju Puncak Diliek

Sumber https://www.instagram.com/puncak_grapella.official/

Poto dari Puncak Diliek - Sumber https://www.instagram.com/puncak_grapella.official/



Poto dari Puncak Diliek - Sumber https://www.instagram.com/puncak_grapella.official/


Kita berdua memutuskan untuk tidak naik ke puncak diliek, karena capeeeek cyiiin...cukup poto-poto di bawah aja hihihi. Nahhh bagi kalian yang ingin maen ke puncak grapella, aku bagiin beberapa tips yaaa buat teman-teman. 

1. Pastikan kalo kalian bakal maen ke sini, hari dalam cuaca yang cerah, karena akses untuk kesini tidak direkomendasikan jika hari hujan dan juga akan menunjang poto-poto atau video cantik.

2. Pastikan kalian kuat untuk jalan kaki naik ke puncak atau pastikan kalian jago bawa sepeda motor untuk naik kesini, lebih bagus jika motor yang di gunakan adalah sepeda motor khusus untuk pergunungan sejenisnya.

3. Jangan lupa untuk bawa perlengkapan yang akan menunjang poto-poto cantik kalian, misalnya kacamata, topi atau kain bali, di sarankan memakai sunblok yaaa gaes.

4. Teman teman boleh bawa bekal ya, makanan atau minuman atau teman teman bisa beli di lokasi Yang Di Jual oleh para masyarakat (makanan Dan muniman) hitung hitung Kita ikut meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

5. Pakailah pakaian yang nyaman, sepatu yang nyaman, kan enggak lucu kalau maen kesini pakainya sepatu setinggi 3 cm :D :D

6. Jangan lupa bawa kamera baik itu kamera handphone atau drone dll. ( bisa minjam atau nyewa ya :p)

7. Sebelum naik ke puncak, pastikan kalian ijin ya ke masyarakat setempat dan di pandu oleh masyarakat setempat. Untuk keselamatan kita bersama!

8. Tetap jaga sopan santun yaa gaes, jaga langkah untuk tidak merusak ladang sereh warga setempat, jangan hanya karena ingin poto-poto cantik si batang sereh seenaknya aja di pijak-pijak,,,huhuhu sedih. Dan di himbau juga untuk hindari api yaaa, jangan sembarangan merokok yaa teman-teman, karena tanaman sereh rawan api dan mudah terbakar. Mohon di patuhi yaa himbauan dari pengelola puncak grapella.

9. Perhatian batas waktu Yang ditentukan ya gaesss, untuk Jumat buka dari jam 14.00 WIB dan batas waktu berkunjung jam 18.00 WIB. Dilarang bermaksiat Dan lain sebagainya. Teman-teman bisa cek himbauan dari pengelola yaaa.





Sumber https://www.instagram.com/puncak_grapella.official/

So...ditunggu kedatangan teman-teman ke lokasi ini. Jangan lupa untuk masukkan dalam list objek wisata yang kalau kalian maen ke Tapaktuan yaaaaa. Dan yang di sekitaran Tapaktuan jangan ampe ketinggalan donk. Ditunggu poto-poto cantik dan cerita seru kaliaaan yaaaa.....Terima kasih.

Wassalam

Lia

You May Also Like

8 komentar