Mengurus Visa Korea Selatan

by - 12:03:00 AM

Assalamualaikum

Hallo chingu..apa kabar di awal tahun 2017 ini? semoga baik-baik saja yaa :*Awal tahun ceriaaaaaa...hihihi..aku mau cerita pengalaman aku mengurus visa korea selatan #ingat yaaaa..bukan korea utara :D :D. Alhamdulillah tanggal 12 - 17 Januari 2017 kemarin aku ke Korea.....




Kenapa pilihanku kali ini Korea Selatan? Kalian pasti tahu kan kalau aku sangat menyukai segala sesuatu yang berbau koreaaaa...sebagai K-Drama Lovers pasti itu menjadi impianku. Persiapan ke Korea ini kurang lebih satu tahun cyiinn..hahhahhaha. Aku memilih ikut trip ini bareng Yuamteput.Travel. Kali ini aku milih pakai travel karena aku belum pernah ke Korea dan menurutku travel ini oke banget..Biayanya juga enggak mahal dan si mba ownernya super baik. Dan plusnya lagi kita bisa nyicil biaya perjalanan ini..itu kenapa aku bilang kalau persiapannya sudah setahun..karena aku mulai nyicil biayanya dari awal tahun lalu.

Awalnya aku sempat kepingin ikutan trip pas spring di bulan april nanti..setelah aku pikir-pikir lagi keapa enggak aku ikutan pas winter aja..sebenarnya agak takut, takut badan enggak kuat pas musim dingin..hihihi

Sebelum ke Korea sudah pasti hal pertama yang bikin deg-degan adalah Visa Korea. Wuuaaaaa...setelah aku baca-baca dari berbagai artikel pengurusan visa korea ini susah-susah gampang. 

Pertama buka situs kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia pada link berikut Website Kedutaan Korea Selatan
Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-2)
  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu :
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    • Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    • Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    • Surat keterangan pemegang program jamsostek
    • Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun
** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen
 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~12.00
  • Pengambilan Visa : 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : 7 Hari Kerja ( Proses bisa lebih dari 7 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

B.Biaya Pembuatan Visa ( Update Per 01-Oktober-2015 )

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 480.000,-   Rp. 520.000,-   Rp. 560.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 720.000,-   Rp. 780.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 3 tahun) : Rp. 1.080.000,-  Rp. 1.170.000,-   Rp. 1.260.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 840.000,-   Rp. 910.000,-   Rp. 980.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea
 * * * * *
Dari Persyaratan yang di lampirkan di website kedutaan, aku enggak menyiapkan semua dokumen yang ada karena faktor memang tidak punya atau tidak bisa mendapatkan dokumen nya.
Berikut persyaratan utama yang aku persiapkan berdasarkan pengalaman membuat Visa Korea Selatan yang lalu :
  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto). Formulir dapat di download langsung di halaman persyaratan dokumen pada website kedutaan, untuk foto gunakan ukuran ( 3.5 x 4.5 ) dengan background putih
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan. Lengkapi dengan Akta Kelahiran, biasa nya di minta kedutaan menurut info yang lain
  • Surat Keterangan Kerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena aku di Pemerintahan aku minta ke bagian Umum dan Kepegawaian. Kamu harus sesuaikan ya dengan dengan tempat kerjamu masing-masing.
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank. Kamu bisa minta ke Bank dan mudah kok..satu hari selesai..biasanya Bank sendiri udah ngerti kalau kita minta surat ini sebagai persyaratan pengurusan visa.
  • SPT PPH-21 ( Form 1721-A1 ) tahun 2016. Ini bisa kamu minta ke Kantor Pajak Pratama atau ke Bagian Keuangan di Kantor mu.
Lalu dokumen tambahan sebagai pelengkap untuk mendukung dokumen utama :
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP
  • SK Pengangkatan (Karena aku kerja di Pemerintahan)


Aku apply melalui si mba Yuam dengan biaya tambahan Rp 40.000,-. Alhamdulillah ketika di aplly berkas aku lengkap semua dan diterima. Untuk prosesnya di butuhkan 5 hari kerja. Kita bisa cek di Website visa.go.kr,, kamu masukkan nama, nomor passpot dan tanggal lahir. Kalau visa sudah di approved maka status akan berubah..kalau masi received artinya kita masih harus bersabar..:D :D



Alhamdulillah setelah penantian 5 hari,,visaku di Approved..jadi deh ke Korea...Asiiiikkk..Nanti aku bakal share perjalanan aku selama di Korea :))


You May Also Like

83 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Hallo mba.. Makasi udah mampir.. Wah.. Kapan mba ke koreanya? Kalo menurut persyaratan di Web kedutaan Korea selatan enggak diwajibkan melampirkan ktp.. Jadi menurut saya itu enggak masalah mba.. Mba bisa lampirkan bisa juga enggak.. Yang wajib hanya passport, kartu keluarga, rekening koran dll seperti aku sebutkan di atas.. Semangat ya mba urus passport nyaa... :)

    ReplyDelete
  3. Halo,, saya tki malaysia,, cara mau pergi korea buat kerja pake visa melancong bisa ngak,,, tolong mbak ajariin saya cara pergi ksna,,,, visa dsna brpa bulan d kasih 3 bulan atau 1 bulan,, kalau di malaysia di bagi visa 1 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo jefri...tq udah mampir :) wah..kalo setahu saya untuk kerja pake visa melancong gk bisa ..karena beda kan visa melancong dan untuk kerja..hehehhe..kamu bisa cek di website kedutaan korea selatan.dan visa juga beda2..kalo saya kemarin buat visa single entry dan diberikan 3 bulan :)

      Delete
    2. Uhh yayaya tapi temen saya ramai pake visa 3 bulan,trus uda mau abis masa visa balik lagi ke malaysiam, trus stay di malaysia 2 bulan,, trus pergi lagi mbak ke korea,,, kalau lwat g to g rumit bnyak ujian nya ,,

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum aku mau tanya mba kan aku ngisi SPT melalui efilling. itu gmn cara malapirkan nya? terimaksih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..hallo mba liana ,,terima kasih sudah mampir :) kalo isi melalui efilling bisa juga minta ke Kantor Pajak mba..bilang aja mau pengurusan Visa..mereka bakal ngasih :)

      Delete
  6. assalamualaikum aku mau tanya mba kan aku ngisi SPT melalui efilling. itu gmn cara malapirkan nya? terimaksih :)

    ReplyDelete
  7. Halo mbak, saya mahasiswa S1 yang insya allah tahun depan akan melanjutkan studi S2 di Korea. Bagaimana persyaratan visa untuk mahasiswa S2 yang menggunakan beasiswa? Karena saya dengar syarat visa harus punya tabungan sekian puluh juta, syalala dsb. Kalau demikian sudah pasti saya tidak punya, karena saya juga belum bekerja. Saya takut visa saya di tolak. Bagaimana ya mbak? Mohon jawabannya ke email saya : farahalyassin97@gmail.com. Atas jawaban dan infonya saya ucapkan terimakasih banyak ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba farah..terima kasih sudah mampir :) wahhh..selamat yha mba sudah lulus beasiswa ke Korea.untuk jawabannya saya sudah kirim email ya mba..silahkan cek..:) trims

      Delete
  8. Hallo mba lia,
    Assalammualaikum
    Walaupun saya lebih tua karena baru kenalan gpp ya panggil mba..hihihi (ketauan udah tua)

    Sy mau nanya biaya buat visanya hanya itu saja atau ada yg lain ya? Saya kita sampai berjuta2 untuk biaya visa ke korea. Terima kasih sebelumnya :)


    Salam,
    Rara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikmsalam..hallo mba rara..
      makasi udah mampir :)

      Kalau kita kemarin cuma kena 600ribu aja mba..Rp 560.000 biaya visa untuk single entry, 40 ribu untuk jasanya.. kalau selain single entry katanya beda lagi mba harganya..misalnya yang multi bisa sampe 2 jutaan :)

      Delete
  9. Assalamualaikum mbak marlia yang baik hati.
    Saya mau tanya mbak seandainya visa korea sudah di approved di bandara korea bisa di dideport ngga ya...
    Terus dibandara korea ditanya,in apa saja ya mbak...
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak mbak wassalamualaikum wr wb edo.atriedo@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..
      hallo mas edo..terima kasih udah mampir :)
      seperti yang udah kita bincangkan di Line..semoga lancar ya,mas

      Delete
  10. Thanks mba sharingnya sangat membantu.. tapi sy mau nanya.. apakah​ boleh kita ga menyertakan SPT? Karena sy ga pernah lapor pajak perorangan.. tapi kebetulan saya direktur suatu PT, dan PT saya selalu lapor SPT.. apakah bisa seperti itu? Lalu syarat utk pengusaha apa saja ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba..terima kasih sudah mampir :) Kalau menurut info di web kedutaan korea selatan, di situ salah satu syarat yang menjadi bukti keuangan bisa pilih salah satu, misalnya rekening koran, SPT tahunan..saya rasa enggak masalah mba..cuma kalau untuk pastinya bisa konfirmasi di kedutaan aja mba :) Terima Kasih

      Delete
  11. Permisi Mba..
    saya mau tanya.. saya kan blm pernah keluar negeri.. dan ini baru pertama kali mau bikin passport.. saya juga bukan pekerja kantoran, cuma jualan online kecil2an..

    nah kebetulan pacar saya orang Korea.. dia yg akan membiayai segala keperluan saya untuk berangkat dan selama saya liburan disana.. berarti dokumen apa aja yg perlu saya siapkan ya? trus rekening saya habis saya blokir, dan saya rencana mau bikin rekening baru.. kebetulan pacar saya rencana mau mengirimkan sejumlah uang sebagai minimal saldo ditabungan.. jadi untuk print buku tabungan, cuma perlu buku tabungan pacar saya sebagai sponsor atau sama buku tabungan saya juga?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  12. Hallo mba..terima kasih sudah mampir :)

    Kalau untuk pengurusan visa kayak statusnya mba itu, saya rasa mba ckup lampirkan rekening pacar mba aja, dan surat sponsor dari pacar mba yang isinya kalau mba kesana di sponsori oleh pacar mba, dan syarat lainnya tetap sama, Passpor dan poto copyan, akte, ijazah, KK, KTP. Nanti jangan lupa untuk di form apply visa mba isi yang pertanyaan biaya oleh sponsor..begitu mba kira2 :)

    semoga berkenan ya mba dgn jawabannya,,trims :)

    ReplyDelete
  13. Permisi mbak saya mau tanyaa...untuk masa lama visa singgel entry 3 bln itu dihitung dari keberangkatan atau saat terbit visa.....makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba dyena..terima kasih udah mampir :) Untuk visa single entry di hitung dari saat tebit visa mbaaa..bukan dari keberangkatan :)

      Delete
  14. Permisi mbak saya mau tanyaa...untuk masa lama visa singgel entry 3 bln itu dihitung dari keberangkatan atau saat terbit visa.....makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  15. halo mbakk, saya mau nanyaa... besok saya mau apply visa... nah foto saya mirip kayak mbak gitu posisi hijabnya, jadi alis agak ketutupan dikiiiittttt. itu ga jadi masalah kan mbak? i need your answer pleaseee hehe. thanks so much mbak ! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba..maaf saya baru balas :) gpp mba..potonya saya gitu alhamdulillah enggak masalah..dan visa di approve :) wah..semangat ya mba urus visanya..semoga lancar yaaa...

      terima kasih udah mampir :)

      Delete

  16. Hallo mba salam kenal,, juli ini aku rencana mau buat visa tp masih dak dik duk nehh takut gak di aprove visanya,, 😁😁😁

    Aku mau tanya kalo mau apply visa itu kira2 klo dokumennya udh disiapin dr jauh-jauh hari bisa gak yahhh,, terus minimal duit ditabungan itu berapa yahh?

    Thx 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba annisa..salam kenal kembali :) terima kasih sdah mampir..

      wah..semangat ya mba buat visanya..semoga lancar. Kalau syarat2nya semua di lengkapi Insyaallah enggak ada masalah kok mba,,visanya bakal di approve.

      Kalau untuk dokumennya menurut pengalaman aku kemarin ada beberapa dokumen yang aku siapin 1 bulanan sebelum di ajukan, dan enggak masalah kok mba. Kecuali ada beberapa dokumen yang memang harus mendekati tanggal pengajuan. Misalnya rekening koran yang di minta 3 bulan terakhir, sebaiknya jangan terlalu jauh jaraknya dengan tgl pengajuan. Juga surat referensi dari bank yang punya masa aktif juga..kalau enggak salah 2 bulan dari tanggal di terbitkan. terus kalau tabungan untuk minimalnya aku kurang paham juga, yang penting di dalam tabungan itu keuangan kita stabil, setidaknya uang masuk perbulan itu ada atau tetap. Mungkin saldo minimalnya 5 atau 10 jutaan ya..intinya mereka yakin kalau kita punya uang dan enggak bakal nyari kerja disana..xixixiix

      semoga jawabanku bisa bantu mba ya..makasi :)

      Delete
  17. Halo, apakah perlu melampirkan tiket pp? Soalnya takut beli tiket pp promo terus nanti waktu visa ketolak kan ga bisa direfund

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba yuni,,erima kasih sudah mampir :) Kalau untuk menguatkan pas pengajuan visa sebaiknya di lampirkan aja mba..yang penting di form pengajuan jangan lupa isi lamanya kita bakal tinggal di korea :)

      Delete
  18. Halo, mau bertanya :)
    Dari beberapa sumber yg aku dapat, katanya saldo rekening koran selama 3 bulan harus rata-rata di atas 10 juta yah. Kalo misalkan saldo rata-rata nya tidak ada angka segitu apakah kemungkinan akan di tolak pengajuan visa nya?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Anggit..terima kasih sudah mampir. :)
      Kalau setahu saya baiknya begitu mba..karena buat meyakinkan mereka kalau kita cukup uang dsana dan enggak bakal nyari kerja atau jadi TKI Ilegal. Intinya saldo di rekening stabil, ada uang masuk tiap bulan atau pengeluaran tidsk terlalu besar. Hitungannya paling tidak satu hari hidup disana 1 juta, jadi misalnya kita disana 6 hari paling tidak ada uang 6 Juta. Begitu mba kira-kira..semoga berkenan ya mba dengan jawaban aku, terima kasih :)

      Delete
  19. Halo Ka Marlia, aku mau nanya. Orang tua aku punya npwp tapi ga punya spt apa tidak papa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo safna 😊 sebaiknya sptnya di buat aja safna.. Bisa datang ke kantor pajak pratama kok 😊

      Delete
  20. Assalamualaikum wr.wb
    Mau tanya mbak,tentang persyaratan visa..
    Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu :
    Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    Apakah dari syarat tsb bisa pilih salah satu?atau rekening tabungan adalah wajib mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam
      Hallo mba neni, Untuk syarat2 yang di atas, yang biasa di pakai rekening tabungan beserta surat referensi bank dan Surat Pajak Tahunan 😊 Kalau rekening tabungan memang wajib mba..

      Delete
  21. Saya menang hadiah undian jalan jalan,dapet 2 orang,InsyaAllah saya pakai untuk saya sendiri&suami.Untuk syarat keuangan harus dua duanya dilampirkan,apa hanya suami bisa?saya belum pernah keluar negeri.Mohon penjelasannya,terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Selamat ya mba atas menang hadiannya 😊 aku juga pengin dapat hadiah begini.. Hihihi.. Kalau untuk syarat Keuangan karena mba kesana menang Indian, di formulir application untuk pilihan biaya mba isi dengan sponsor, nanti mba lampirkan surat sponsor dari pemberi hadiah.. Kalau memang mba di biayai oleh suami, cukup data suami saja yg di lampirkan dan buat surat sponsor dari suami.. Begitu mba Kira2.. Makasi

      Delete
    2. Ya mbak Alhamdulillah rezeki hihi..berarti ga perlu melampirkan rek koran ya mbak?semua biaya ditanggung penyelenggara kecuali paspor..Makasih mbak responnya..

      Delete
  22. Ya mbak Alhamdulillah rezeki hihi..berarti ga perlu melampirkan rek koran ya mbak?semua biaya ditanggung penyelenggara kecuali paspor..Makasih mbak responnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb Neni bisa minta email-nya, suamiq juga dapat undian jalan2 ke Korea, jangan2 undian yang sama.tq

      Delete
    2. Mba yeni ini emailku : rosiananeni@gmail.com

      Delete
  23. Assalamu'alaikum mba..
    Saya dan tmn brencana mau ksna. Tp ad kendala d prsyaratan visa mba. Saya ga pny SPT, trus kalau tmpt kerja ga ad SIUP ny apa blh mlampirkan surat keterangan kerja saja? Trima ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..hallo mba..terima kasih sudah mampir :) Kalau setahu saya boleh kok hanya melampirkan surat keterangan kerja, bisa juga di tambah surat pengangkatan atau surat kontrak kerja supaya lebih kuat. Untuk SPT mungkin mba bisa hubungi pihak kedutaan lebih lanjut..atau bisa di ganti dengan bukti lainnya misalnya slip gaji..begitu mba kira2...hehehhhe..trims :)

      Delete
    2. Iya mba. Klo SIUP optional kali yaa??
      SPT aku ud nnya KPP bs d buat kok. Alhamdulillah 😊
      Trus surat ket kerja mmg hrus pke bhasa inggris y?
      Lalu apakah benar min tab d rek ssuai slama apa kita dsana? 7hari ya 7juta gtu mba?

      Delete
    3. Iyaa mba...optional mba..karena kan gk smua perusahaan ngasih kita SIUP..agak riskan :D hehhehe...Alhamdulillah ya mba SPT bisa di buat...iyaa mba..surat keterangan kerja harus pake b.inggris. Sebaiknya lebih dri 7 juta jg okee mna..paling gk mereka yakin kalau kita cukup uang selama disana :)

      Delete
    4. Oh iya mba satu lgi brpa lama proses pmbuatan visa?
      Kalau oktober brgkt, keburu ga buat nya bulan september?

      Delete
    5. Visa itu biasa 5 hari kerja mba udah selesai kok asalnya semua persyaratan lengkap :) Keburu aja mba sebenarnya tapi sebagusnya lebih cepat biar bisa antisipasi kalau2 di tolak dan bisa urus lagi

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Oh jdi klo amit" gtu ya mba, kalo d tolak bs langsung urus lgi??
      Mba kalo bleh mnta surat ket kerja bhsa inggris boleh? Bleh k line @sasmitagyu

      Delete
    8. Hallo mbaaa...iyaaa..bisa di urus lgi :) boleh mba..nanti aku cari dlu yaaa suratnya..hehehhehe...nanti kalo udah nemu langsung aku line ":)

      Delete
    9. Iya mba Marla.. Mksih bnyak ya. D tggu suratnya. Barakallah mba 😊

      Delete
  24. Hi Mbak aku kebetulan mau ke korea juga. Nah tapi wkt minta fotokopi SIUP kantor nggak bisa dikasih karena confidential kan. Nah, kalau pengalaman mbak kmrn pake SIUP atau hanya surat keterangan kerja saja?

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba/mas..kalao saya kemarin karena memang di pemerintahaan enggak ada SIUP aku pake surat keterangan kerja di tambah surat pengangkatan ..kalo mas/mba bisa tambah surat kontrak atau yang sejenis..trims

      Delete
  25. Halo mbak ...
    Bisakah bertanya, saya dari luar jkt kl buat urus visa hrs naik pesawat ke jkt rasanya agak rugi mbak he he... Apakah bisa diwakilkan saudara atau gmn kah mba ? Terima kasih ....
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas/mbak..untuk pengurusan visa kok di wakilkan..tidak harus urus sendiri mbak :) atau bisa urus melalui travel agent. Trims

      Delete
  26. Halo mba. Aku mau nanya, kalau visaku untuk 1 tahun tapi ternyata aku di korea kurang dari setahun berarti tetep aja ya harga visa yg buat setahun itu?

    Btw kalau ke korea sebulan itu mendingan bawa uang berapa ya (sendiri)?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas/mbak..untuk visa mungkin biar lebih jelas bisa cek di kedutaan korea mas..karena visa ada berbeda jenis :) kalau yang aku kemarin visa single entry dengan masa kunjungan di bawah 90 hari..

      kalau untuk sebulan tergantung pengeluaran kita mas, ada yang untuk seminggu di bawah 5 juta ckup kok :)

      Delete
  27. Halo mba. Aku mau nanya, kalau visaku untuk 1 tahun tapi ternyata aku di korea kurang dari setahun berarti tetep aja ya harga visa yg buat setahun itu?

    Btw kalau ke korea sebulan itu mendingan bawa uang berapa ya (sendiri)?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Mba mau tanya lagi(jgn bosan ya mba)
    Lanjut dari pertanyaan yg kmren2..masih bingung
    mohon mba mencerahkan..
    Suami kerja,saya IRT,Apply visa+akomodasi didanai PT.Nestle(penyelenggara undian)
    Dokumen yang saya lampirkan :
    1.Rek koran+surat referensi suami(sya tdk)
    2.surat ket kerja+surat sponsor dari tempat suami kerja.
    3.spt pph 21 suami
    4.npwp suami
    5.kk,surat nikah,akte suami dan saya
    Apakah ada yg kurang mba?saya tidak melampirkan rek krn tdk ada tabungan(hnya suami)
    Apakah harus ada dokumen lain mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba say..hehhehe..siap mba..insyaallah saya bantu..
      maaf mba..mungkin bisa di tambahkan surat dai PT.Nestlenya atau surat yang menyatakan mba akan di biayai oleh PT.Nestlenya...
      selebihnya saya rasa dokumennya udah cukup mba

      Delete
    2. Terimakasih,haturnuhun pisan mba..
      Kebetulan yang urus visa Pt.nestle sendiri,saya disuruh kirim dokumen saja oleh ybs.Kalau begitu bagaimana ya mba?
      Spt pph 21 apakah bisa yang tanda terima via email bukan ya?

      Delete
    3. Hallo mba..kalau gitu ckup persyaratan yang di atas aja mba..yang udah mba siapkan..kalau SPT itu kalau bisa yang langsung dari kantor pajaknya mba..mba bisa minta kok atau yang di keluarkan oleh pihak keuangan di kantor mba..

      Delete
  29. mba aku ada rencana desember berangkat ke korea . nah statusku saat pergi itu baru lulus kuliah dan belum memiliki penghasilan mba. disana ada sponsor yaitu tunanganku yg asli orang sana. gmna cara pengutusan sponsor yah mba. mohon babtuannya. balasnya boleh ke line saya ya mba : sansantaslim . soalnya banyak yang mau di perbincangkan. makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba sansantaslim..okeee..nanti saya add ya linenya..trims :)

      Delete
  30. hi mba marlia, salam kenal. aku juga sama kaya mba sansantaslim diatas. aku mau ke korea dengan sponsor pacar aku yang asli orang sana. utk apply visa butuh dokumen dia apa aja ya mba? aku takut nggak approve. balas nya juga bisa di line ya mba @natashalubis

    ReplyDelete
  31. Hallo mba natasha.. Makasi ya udah mampir ke blog aku.. Aku coba search I'd linenya mba natasha gk nemu.. Coba add line aku aja ya mba: marlia.nazra thanks u 😊

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Hai mbak..salam kenal.Aku mau ke korsel untuk kedua kalinya desember ini,nah kebetulan paspor ku baru ganti.di paspor lama foto ku pake hijab dan paspor baru aku ga pake.kira-kira visaku bermasalah ga ya mbak?mengingat paspor lama harus dicantumkan pas pengajuam visa.terimakasib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba..salam kenal :) thanks ya udah mampir :) wah..kalau itu aku kurang tau juga mba..tapi menurut aku enggak masalah kayaknya..karena data yang kita masukkan juga sesuai passport kan ya mba..hehhehe

      Delete
  34. Selamat siang.., Mba Marlia
    saya & keluarga akan ke korea, akhir desember 2017 - awal Januari 2018.
    Lebih baik, kapan ya, kami apply visa korea nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang mas..salam kenal :) terima kasih udah mampir di blog saya.. kalau menurut saya mas bisa apply visa di bulan november mas..bole pertengahan atau juga akhir november supaya kalau seandainya di tolak masih bisa di apply lagi..kita kemarin berangkat 12 januari apply visa di akhir bulan november ..bgtu mas..hhehhe..terima kasih..semoga mambantu ya mas :)

      Delete
  35. Hii mba mau tanya kalau SPT itu harus wajib ada ? dan kalau pun ada harus ke pajak dahulu atau bisa minta ke kantor tempat bekerja? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii mba... Makasi udah mampir 😊 untuk SPT optional sih mba.. Untuk dapatin bisa minta ke kantor tempat kerja mba...

      Delete
  36. Replies
    1. Haii mba elly.. Boleh mba id line aku: marlia.nazra

      Delete
  37. Halo mbak, Marlia Nazra!
    Rencananya saya akan ke Korea pada awal November ini. Apakah kalau saya apply minggu depan masih bisa tidak ya? Dan juga untuk surat sponsor, misalnya yg pergi adalah mama, saya, dan adek saya dengan biaya sendiri. Apakah surat sponsor harus dari kantor mama saya bekerja atau bisa tanda tangan ayah saya saja?
    Terima kasih banyak ya, mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba windy..terima kasih sudah mampir :) wahh..asiiik ke korea bareng keluaga..masih bisa kok mba..pengurusan visa 5 hari kerja..cuma jaga2 aja kalo urus lebih cepat kalaupun misalnya di tolak bisa ajuin ulang..hehhehe..untuk surat sponsor cukup tanda tangan ayah mba saja..:)

      Delete
  38. Hallo mbak.
    Boleh nanya? Sapa tau mbah tau info nya atau ada saran
    Saya bingung dgn status saya ini, dibilang mahasiswa sdh selesai tp blum mulai bekerja lagi.
    Jadi saya masuk ke kategori mana ya?
    apa perlu SPT? Krna saya tidak punya.
    Dan bl saya pakai keterangan mahasiswa, haruskah berbahasa inggris? Blh bhs indonesia? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba rahmah..thanks ya udah mampir di blog saya :) Mungkin lebih bagus mba buat pengajuan visa dengan sponsor aja, misalnyua orang tua, supaya lebih aman :) kalo pun buat surat keterangan mahasiswa harus berbahasa inggris, begitu mba kira2 :)

      Delete
  39. Halo mba, mau tanya untuk pembuatan visa adakah syarat saldo minimal yg harus ada di rekening kita? Saya pernah baca baca katanya iya,lalu kalo misalnya saya (pelajar) dan keluarga ingin ke korea pasti pakai data ayah saya. Yg saya mau tanyaain kalau dokumen itu dipakai buat anghota keluarga yg lain nominal yg ada dikalikan jumlah anggotanya atau bagaimana? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba sanya :) salam kenal...makasi ya udah mampir di blog saya..hehhehe..kalo untuk saldo paling gk stabil tiap bulan dan saldonya cukup untuk hitungan kita selama di korea dan bisa pulang ke Indo dengan aman,,,misalnya 1 juta per orang untuk satu hari, dikalian aja mba ...iyaaa mba, kalau pakau punya orang tua hitungan dikalikan per anggota..begiotu mba kra2,,hehheheh

      Delete
  40. Assalamualaikum...sy tki di Malaysia...tp sy mau travel ke Korea pakai passport pekerja...ajarin dong mbak mcm mana caranya mohon visa melancong....terima kasih sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..hai mba salam kenal, terima kasih sudah mampir :) mungkin untuk jelasnya bisa cek di website kedubes kore selatan mba, soalnya kalau saya cuma pernah apply visa turis saja :)

      Delete
  41. Halo mba, mau bertanya dong. kalo misalkan nge print rekening korannya 2 minggu sebelum apply visa , bolehkah ? atau terlalu cepat ya mba ? thank you

    ReplyDelete