Web Developer - Day 4 [OOP, JQuery]

by - 2:42:00 AM

Haii...haiiii...lanjut dengan Hari keempat. Tidak terasa pelatihan sudah di hari kedua terkahir. Untuk hari materi pelatihan sebagai berikut :

1.Object Oriented Programming (OOP) · Teori OOP
 

A. Pengertian OOP (Object Oriented Programming) 
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

B. Konsep OOP (Object Oriented Programming) 
 
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
    • Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
    • Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
    • Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
    • Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
2. Enkapsulasi (encapsulation)
    • Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
    • Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
    • Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
    • Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
3. Pewarisan (Inheritance)
    • Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
    • Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
    • Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
    • Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
4. Polimorfisme (polymorphism)
    • Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
    • Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
    • Method overriding.
    • Method name overloading.
C. Karakteristik OOP (Object Oriented Programming) 
  • Semua adalah objek.
  • Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
  • Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
  • Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
  • Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
  • Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
  • Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
  • Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
  • Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
  • Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.

2. Magic Method


- Pengenalan Magic Method

Pada PHP terdapat beberapa method yang disebut dengan magic method. Nama method-method ini diawali dengan "__" (dobel underscore). Dinamakan magic karena method ini merupakan method dengan fungsi khusus dan merupakan salah satu fitur dalam pemrograman PHP berorientasi object. Dan juga kita tidak boleh membuat function dengan nama yang sama dengan nama magic method.

Ada beberapa magic method pada Pemrograman PHP berorientasi object, salah satunya sebagai berikut :

1. __construct()

Merupakan method untuk membuat konstruktor sebuah class. Dengan method __construct() kita bisa membuat sebuah object sekaligus setting propertinya.

2. __destruct()

Adalah method yang dipakai untuk memusnahkan properti pada object setelah exit atau unset object.

 
3. Inheritance dan Scope

1. Pengertian Inheritance (Pewarisan) dalam OOP

Inheritance atau Pewarisan/Penurunan adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat ‘menurunkanproperty dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritance digunakan untuk memanfaatkan fitur ‘code reuse’ untuk menghindari duplikasi kode program.
Konsep inheritance membuat sebuah struktur atau ‘hierarchyclass dalam kode program. Class yang akan ‘diturunkan’ bisa disebut sebagai class induk (parent class), super class, atau base class. Sedangkan class yang ‘menerima penurunan’ bisa disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atauheir class.
Tidak semua property dan method dari class induk akan diturunkan. Property dan method dengan hak akses private, tidak akan diturunkan kepada class anak. Hanya property dan method dengan hak akses protected dan public saja yang bisa diakses dari class anak.


2. Overriding dan Overloading

a. Overriding Merupakan Suatu Keadaan Dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk
Keuntungan Overriding : dapat menambahkan sifat / atribut pada kelas induk nya.

b. Overloading Merupakan Suatu Function yang memiliki parameter , dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda
atau bisa kita bilang Situasi di mana beberapa rutin dalam sebuah program dapat mempunyai nama sama tetapi berbeda jenis parameter dan/utau jenis return value.


3. JQuery
- Pengenalan Jquery

Jquery adalah library javascript atau kumpulan JavaScript yang di sudah di modifikasi dan di kumpulkan menjadi satu file library. sehingga untuk pengggunaan nya anda hanya perlu memanggil file jquery dari file html atau php untuk mulai menggunakan jquery pada ruang kerja anda .
penggunaan jquery juga tergolong mudah karena memiliki syntax yang singkat tapi menghasilkan hasil yang luas . misal nya jika dengan javascript anda ingin membuat suatu fungsi untuk menyembunyikan sebuah element anda harus membuat berbaris-baris dan agak sulit untuk di pahami, tapi dengan jquery hanya memerlukan 3 baris perintah yang juga sangat singkat dan mudah di pahami . maka dari itu jquery memiliki moto writeless do more .
Di asumsikan mempelajari javascript dahulu sebelum menggunakan jquery karena akan sangat membingungkan jika langsung menggunakan jquery tanpa mengerti javascript terlebih dulu.

Lalu apa kelebihan jquery dari javascript??
Kelebihan nya jelas sangat banyak dan lebih jika kita sudah mulai mempelajari dan menggunakan jquery ini.
  1. Akan menghemat waktu
  2. Akan menghemat penulisan syntax
  3. Lebih mudah
  4. Lebih interaktif








Di Hari ke empat kita di berikan tugas untuk membuat contoh aplikasi menggunakan JQuery.

You May Also Like

0 komentar